/***************************************** Anti Copy ******************************************/
Belajar Memang Membuat Lelah,
Namun Jika Tidak Pernah Belajar,
Maka Suatu Hari Nanti Hidup Kita Akan Jauh Lebih Melelahkan
WHAT'S NEW?
Loading...

Limit Switch adalah?

Limit switch (saklar pembatas) adalah saklar atau perangkat elektromekanis yang mempunyai aktuator sebagai pengubah posisi terminal (dari Normally Open / NO ke Close atau sebaliknya dari Normally Close / NC ke Open). Posisi kontak akan berubah ketika aktuator tersebut terdorong atau tertekan oleh suatu objek. Sama halnya dengan saklar pada umumnya, saklar batas juga hanya mempunyai 2 kondisi, yaitu menghubungkan atau memutuskan aliran arus listrik. Dengan kata lain hanya mempunyai kondisi ON atau Off. Limit switch termasuk dalam kategori sensor mekanis yaitu sensor yang akan memberikan perubahan elektrik saat terjadi perubahan mekanik pada sensor tersebut. Penerapan dari limit switch adalah sebagai sensor posisi suatu benda (objek) yang bergerak.

 
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2014/04/Limit-Switch.html
limit switch
 
 

Yuk Cek Youtube Ku..

 

Mau Nambah Penghasilan Dengan Berjualan Pulsa??

KLIK DI SINI!!

Namun sistem kerja limit switch berbeda dengan saklar pada umumnya, pada saklar sistem pengaturan diatur jika diatur secara manual oleh manusia (baik diputar atau tekan). Sedangkan limit switch dibuat dengan kerja yang berbeda, limit switch dibuat dengan sistem kerja yang dikendalikan oleh tekanan pada tombolnya pada batas atau daerah yang telah ditentukan sebelumnya (kontak fisik) dari gerakan suatu objek pada aktuator, sistem kerja ini bertujuan untuk mengendalikan gerakan atau mengendalikan suatu objek / mesin tersebut, dengan cara memutuskan atau terhubung aliran listrik yang melalui terminal kontaknya.
 
http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2014/04/Limit-Switch.html
Konstruksi sistem kerja limit switch

 

Layout sistem kerja limit switch

Pada gambar di atas, COM digunakan untuk sumber listrik dan NO ataupun NC sebagai Output. Pada dasarnya sama dengan Saklar tukar yang digunakan dalam instalasi penerangan.

 

Simbol limit switch

Limit switch mempunyai beberapa jenis atau tipe aktuator yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya di lapangan, seperti gambar dibawah ini:

http://trikueni-desain-sistem.blogspot.com/2014/04/Limit-Switch.html
Macam-macam tipe aktuator limit switch

 

Limit switch biasa digunakan pada aplikasi seperti:

  • Pintu gerbang otomatis, dimana sakelar batas berguna untuk mematikan motor listrik sebelum pintu gerbang itu menabrak pagar pembatas saat membuka atau menutup.
  • Pada panel pintu listrik sebagai saklar otomatis, pintu panel dibuka maka lampu akan nyala untuk penerangan (seperti pada kulkas).
  • Pada hoist sebagai pembatas pengangkatan barang.
  • Pada tutup / cover mesin sebagai keselamatan kunjungan penutup yang dibuka maka mesin akan mati.
  • Pada sistem transfer seperti pada trolly dan conveyor sebagai pembatas maju dan mundurnya (forward reverse).
  • Pada mesin sistem kontrol sebagai sensor untuk mengukur posisi atas / bawah.
  • Dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar